Paragon Innovation Summit 2018

12-14 Oktober 2018 telah dilaksanakan sebuah Summit terbesar dan terspektakuler yang pernah kuikuti. Tapi ini kali pertamanya aku mengikuti acara Summit. Dan Summit pertama ku adalah Paragon Innovation Summit.

Aku tahu summit ini waktu pas ada seminar paragon di ITB, ada poster nya gitu tentang summit terus langsung aku kepoin website nya di https://www.paragon-innovation.com/innovation-summit dan ig nya paragon.id, eh pas mau regist belum bias renyata karena belum open regist. Tiap hari aku pantengin web nya soalnya limited seat katanya jadi harus buru-buru biar gak kehabisan, dan 2 hari kemudian barulah bisa regist. Lalu H-3 acara dapetlah email konfirmasi bahwa aku terpilih jadi peserta.

Jadi Paragon tuh ngadain Pra Event sama Main Event, pra event nya berupa roadshow ke berbagai kota dan berbagai kampus di Indonesia. Sedangkan main event nya adalah Paragon Innovation Summit. Rangkaian acaranya berupa kompetisi, seperti business competitions, doing good challenge, dan creativate challenge. Dan pengumuman pemenangnya itu pas Summit yang diadakan di SABUGA.

Sedih ketinggalan Pra Event nya karena baru tahu. Jadi aku ceritain aja ya pas Main Event selama 3 hari. Gambaran besar Main Event nya sih akan ada ParaTalak dari Eksekutif Paragon, Perwakilan Pemerintah, pendiri Startup, dan Dosen. Juga akan ada Paragon Brand dan Pameran Departemen, Pameran Beasiswa dari hingga 20 Lembaga beasiswa, dan pertunjukan khusus dari Maliq & d'Essentials, HiVi!, dan TULUS. 


DAY 1



Di rundown sih open gate jam 09.00 dan acaranya dari jam 09.00 - 21.00 kaget bangetlah itu seminar dari pagi sampe malem ngapain aja. Ternyata regist ulangnya dari jam 09.00 - 14.00 untung aja engga dari pagi. Sama emang ada magang dulu, baru bisa izin nya siang. Dan nyampe SABUGA jam 13.30, regist ulang lah dulu, dan ngantri padahal udah siang, pas regist dikasih cap gitu dan dapet goodie bag. Eh ternyata acara nya belum mulai. Baru mulainya jam 14.00, pantesan dikasih waktu registnya Panjang jadi disana tuh banyak booth booth gitu yang bias kita kunjungi sambal nunggu acara mulai. Ada booth Paragon dari berbagai department nya, disana kita bias belajar dan merasakan bagaimana cara kerja di Paragon di berbagai department nya, plus ada games berhadiahnya juga setelah menyelesaikan misi. Ada booth scholarship dan open recruitment Paragon juga. Ada booth skin test dan hair test. Dan yang pasti ada booth make up dari Paragon kita bisa nyobain make up dari Emina dan Wardah. Ada booth makanan dan minuman juga biar gak laper.

Aku nyobain hamper semua booth-booth nya, jadi bias ngerasain gimana sih kerjaannya para pegawai Paragon, ternyata seru juga kita harus memiliki kreatifitas, ide, dan inovasi. Setelah main berbagai games dan mendapat banyak product juga merchandise, aku nyobain ke booth Narasi TV untuk rekaman sebagai seorang narrator berasa Najwa Shihab.

Tepat pukul 14.00 seluruh pengunjung disuruh masuk ke aula karena acara ParaTalk nya akan dimulai. Pembicaranya ada Salman Subakat (CMO PT Paragon), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), dan Najwa Shihab (Journalist, Founder Narasi.TV). Sebenernya masih banyak lagi sih sebelumnya, tapi aku baru bisa masuknya waktu pas mereka, soalnya sebelumnya makan dulu hehe. Semua kursi terisi penuh dan padat, bingung harus duduk dimana saking penuhnya.

Waktu Naja Shihab membacakan Catatan Untuk Mahasiswa.


Tinjulah kemapanan dengan kepalan tangan, lawanlah kejumudan dengan kenekatan membuat terobosan. Jangan takut jatuh dan terantuk, dengan terbentur kau akan terbentuk. Sebab “Indonesia” memang ditemukan dan diusahakan oleh anak-anak muda. Kalian pulalah yang mestinya memperbaharui “Tanah Air Kita” - Catatan untuk Mahasiswa dari @najwashihab .





Jadilah orang yang relevan dan optimis dengan perkembangan yang ada. Karena saat bertemu dengan "panggung" yang tepat, anda akan menjadi hebat - @ridwankamil .





Optimisme dan obsesi lahir karena kita dipercaya untuk mampu berinovasi. Pastikan tujuan “Bermanfaat, Bermakna, dan Bersama” yang kita miliki saat ini mampu membangun negara ini menjadi lebih baik. - @salmansubakat .

ParaTalk selesai sekitar pukul 18.15 dan aku sempet foto kehebohan media waktu Para Pembicara keluar ruangan.

Kang Emil diserbu media.

Media sibuk memotret dan mewawancarai, aku juga ikut-ikutan.


Break sholat magrib dulu, aku nyari makan sekitaran Sabuga. Alhasil beli bubur ayam, emang paling pas cuaca mendung malem-malem makan bubur yang hangat. Sungguh Nikmat.

Jam 19.00 gate dibuka lagi, ini nih yang di tunggu penampilan Maliq & d'Essentials, padahal udah sering nonton tapi gak bosen-bosen. 

Maliq & d'Essentials on stage.

Let's sing together.

Hari pertama ditutup oleh penampilan dari Maliq & d'Essentials, kira-kira beres sekitar pukul 20.45, waktunya pulang beristirahat untuk hari esok.  

DAY 2

Sayangnya hari kedua aku tak mengikuti full, dikarenakan ada kegiatan lain terlebih dahulu. Aku baru nyampe agak sorean dan kehujanan ditambah sempet masuk solokan dulu di halte SABUGA :(

Padahal pembicaranya bagus ada Riri Riza (Producer), Widharmika Agung (Co-Founder Indorelawan.org), Rangga Almahendra (Penulis 99 Cahaya di LAngit Eropa), Najeela Shihab (Educator & Initiator Semua Murid Semua Guru). Di hari kedua ini sebagai penutup dari Summit, jadi ada pengumuman pemenang dari kompetisi. Banyak banget anak muda yang memiliki inovasi hebat, melakukan perubahan dan membantu sesama.

Kebagian pas Mocca nya aja deh dan masih bisa ikutan games yang ada di booth nya.

Datang pas konsernya aja hehe 


DAY 3

Untuk hari ketiga udah bukan Summit tetapi Wardah Bright Day, talkshow gitu sama para influencer, beauty demo, dan music performance dari TULUS. Juga gak sampe malem acaranya kaya 2 hari kebelakang, cuma sampe sore aja. Lebih ke soal kecantikan dan make up bahasannya. Jadi yang datang juga kebanyakan cewe-cewe. Ada photobooth juga, jadi bisa foto sama temen-temen deh.



Pokoknya selama 3 hari itu seru banget, nambah ilmu dan pengalaman banget. Terima kasih Paragon udah ngadai acara segini hebat nya, sumpah ku kagum banget. Acaranya super duper keren dan menginspirasi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngangkot Lagi

Inspiring Sunday