COBAAN AWAL TAHUN
Hallooo…
Wah udah tahun baru lagi, dan ini tulisan awal tahun 2019 ku. Tahun 2019 ini dibuka dengan kesialan dan cobaan untuk hamba :(
Baru awal tahun awal bulan loh ini tuh, kenapa hamba sudah bersedih dan galau.
Hari itu hari Minggu tanggal 20 Januari 2019, seperti biasanya seorang mahasiswa pasti tak jauh dari laptop, namanya juga mahasiswa pasti butuh laptop apalagi anak tingkat akhir, frekuensi pemakaiannya meningkat. Ya seperti biasanya hampir setiap hari ku menggunakan laptop untuk keperluan browsing, nonton, maupun ketik mengetik. Saat itu aku buka line, nyalain spotify, buka internet explorer pada umumnya berfungsi pada biasa. Lalu aku tinggalin untuk makan kurang lebih selama hampir setengah jam. Usai makan ku kembali ke laptopku, saat itu emang ga di log off maupun di sleep, dibiarin aja tapi spotify emang pasti di pause kalo ditinggal karena cuma bentar soalnya biasanya juga seperti itu. Entah dia sedih ditinggal apa gimana, layar LCD nya udah effect glitch gitu ( wallpaper nya berbayang gitu jadi gak jelas), belom terlalu panik tuh disitu karena kalo ada masalah biasanya di restart aja dulu, terus aku coba matiin dan nyalain lagi.
but... but...
Tampilan pas dinyalain lagi.
Wah kenapa malah jadi begitu, auto panik auto galau auto lemes. Lama banget gamau masuk ke yang bagian sign in. Aku matiin paksa lagi aja tuh ya tekan tombol power yang lama kemudian mati deh. Berusaha nyalain lagi….
Tampilan pas dinyalain lagi beberapa kalinya, entah besoknya juga masih kek gini.
Parahhh sekarang malah gamuncul sama sekali tulisan HP nya, jadi item gitu dan lama-lama jadi putih tanpa ada tampilan apapun. Langsung tuh aku ngechat teman-teman yang suka ngoprek laptop untuk menanyakan solusinya, solusi mereka telah kucoba, tapi tetep kaya gini dong, dicoba keesokan harinya pun tetap. Lalu temanku menyarankan untuk ngecek pake external monitor pake kabel HDMI, ternyata muncul tampilannya di monitor lain, ternyata LCD nya lah yang bermasalah alias rusak karena fungsi mesin dan lain sebagainya berfungsi dengan baik.
Nyobain pake external monitor (pake TV).
Senin, 21 Januari 2019
Aku pun langsung auto ingin menanyakan pada ahlinya, awalnya mau ke BEC tapi jadinya langsung ke HP Service Center yang ada di Jl. Karapitan, nyampe sana sekitar jam 12an, pas masuk buset banyak banget yang mau service aku dapet antrian Q036, dan saat itu masih antrian Q020 buset harus nunggu 16 orang. Dengan sabarnya aku duduk di ruang tunggu yang sangat membosankan, tak ada yang bias kulakukan. Satu jam berlalu dan baru antrian Q030, lama banget gila karena yang ngelayaninnya cuma 1 orang mbak aja dong di customer service nya itupun sama dia dicek dulu dan ngobrol panjang lebar gitu sama customernya. Barulah saat antrian Q030 jadi ada 2 orang yang ngelayanin, bapak-bapak gitu. Tapi kusudah kesal, aku pun jalan-jalan keluar dulu ke daerah Jl. Paledang. Pas pukul 14.00 aku balik lagi kesana, pas banget saat itu udah antrian Q035, tinggal nunggu antrian 1 orang lagi. Beberapa menit kemudian tibalah giliranku, gak nyampe 5 menit, laptopku cuma dilihat biasa saja tak dicek secara detail, cs yang bapak-bapak itu menyimpulkan harus ganti satu set panel LCD nya (harus satu set dong yang bagian atasnya diganti) seharga 3 juta, gilakkk mahal beud mening beli laptop baru. Penantian hampir 2 jam lebih pun sia-sia karena hanya gitu saja keputusannya, sungguh megecewakan, waktuku terbuang percuma. Haaaa akupun semakin galau mendengar 3 juta, belom bayar UKT akutuuuu kudu mikirin ganti LCD semahal itu pula. Yaudah deh aku pulang aja ngikut temenku ke Jaya Plaza (JP) dulu beli komponen nyambi nanya-nanya bias service gak kalo disana. Aku nanya ke salah satu toko, katanya dia bias tapi kek kurang meyakinkan gitu dengan kisaran harga 850rb ganti LCD.
Jadi aja untuk sementara aku mindahin data-data penting ke flashdisk dulu buat jaga-jaga, sambal bikin laporan akhir PKM di TV.
Nugas pake TV, jadi gede layarnya so mantap.
Iseng bikin snapgram, dan temenku ada yang nanggapin dan nyaranin buat service ke JP, soalnya kakaknya juga pernah service LCD. Pas di JP emang gak aku tanyai ke semua toko sih soalnya sudah lelah dan seperti gak meyakinkan gitu. Tapi dapet rekomendasi teman sih ku jadi percaya karena sudah terbukti, dia pun ngasih tau nama tokonya.
Ini nama tokonya.
Hari ini tanggal 23 Januari 2019.
All by myself, ku pergi sendiri ke toko tersebut. Emang cewek mandiri, semuanya kuurus sendiri. Sampai di JP jam 11an, dan setelah melalui beberapa toko langsung ketemu, gak susah. Setelah konsultasi dan dealing aku pun setuju langsung service saat itu juga. Cuma lihat YouTube si AA nya langsung bisa bongkar laptop yang jenis aku dong, emang si AA nya baru kali ini keknya bongkar laptop yang jenis touchscreen kaya aku. Aku melihat langsung proses pembongkarannya. Harus cabut baterai dulu katanya, berhubung baterai tanam jadi harus dibongkar juga bagian bawah keyboardnya. Baru tau laptop ku gada fan nya cuma pake heatsink, pantas cepat panas.
Proses bongkar layer LCD nya.
Setelah dilepas LCD nya gini tampilannya.
Jadi emang bisa dikerjain seharian dan bias ditungguin gitu. Karena capek dan bosen juga kalo harus nungguin disana, aku pun jalan-jalan dulu sambil nunggu beres. Ke daerah Jl. Riau gitu, transit pertama ku di The Heritage, lahhh disana malah belanja baju, udah tau lagi BROKE buat service laptop malah belanja, gapapalah lagi diskon. Terus jalan ke Riau Junction, keliling supermarket nya beli camilan, roti, sama kopi. Udah kenyang tuh ya, jalan menyusuri Jl, Trunojoyo ke beberapa store yang ada disana, wah ternyata KILLING TIME juga ya gak kerasa udah jam 15.00 lagi, terus aku ke BEC kukulilingan, gak kerasa juga udah jam 16.25 lagi dan ternyata AA nya udah nge-WA kalo laptop ku udah beres dari jam 15.30, aku pun bergegas balik ke JP lagi. Benar saja laptopku udah ada tampilannya lagi udah bener, aku cek dan berfungsi seperti sedia kala. Beres, aku pun membayar 650rb sesuai kesepakatan diawal, ada garansi 1 bulan. Tapi semoga gak akan bermasalah lagi sampai lama bertahun-tahun berikutnya supaya gausah service maupun ganti laptop, sayang duit. Lancar-lancar TA dan laptopku, supaya tahun ini lulus sempurna. Aamiiin.
Terima kasih AA service Toko Sulthan laptopku bagus lagi, WORTH IT banget dibanding toko lain yang lebih mahal. Pengerjaan dari jam 11.20-15.30 cepet tapi bagus. Aku rekomendasiin deh kalo ada yang mau service mening kesini aja.
Sudah sehat, terus sehattt ya untuk waktu yang lama :)
Kusiap mengerjakan TA kembali. Semangat tingkat akhir, semoga gada kesialan dan kegalauan lagi. Yang ada hanyalah kebahagiaan dan kesuksesan, hehe. Aamiiin.
Selamat beristirahat.
Komentar
Posting Komentar